Headlines
Loading...
Festival Wisata Budaya Pasar Terapung 2021, Banjarbaru Andalkan Kerajinan Purun

Festival Wisata Budaya Pasar Terapung 2021, Banjarbaru Andalkan Kerajinan Purun

Festival Wisata Budaya Pasar Terapung 2021 yang berlangsung di Kota Banjarmasin, tepatnya di Siring 0 Kilometer sejak Jumat hingga Minggu (24/10/2021) diikuti 13 Kabupaten Kota Se-Kalimantan Selatan dengan menampilkan ciri khas daerah masing-masing.



 

BeritaBanjar.com - Purun adalah nama tanaman yang tumbuh liar di area air atau rawa pada lahan gambut. Tanaman ini dimanfaatkan sebagai bahan utama pembuatan kerajinan tangan masyarakat Banjar, Kalimantan Selatan. Dalam Festival Wisata Budaya Pasar Terapung (FWBPT) 2021, kerajinan purun menjadi andalan Disporabudpar Kota Banjarbaru.

Menurut Pelaksana Data Promosi Kepariwisataan Dinas Pemuda Olahraga, Kebudayaan dan Pariwisata (Disporabudpar) Kota Banjarbaru, Rakhmad Hidayat menjelaskan, tema dipilih mengambil kebiasaan dalam budaya warga kampung Purun. 

“Kami mengumpulkan data selama satu minggu, mendalami budaya mereka mulai dari mengambil bahan purun, pengeringan, pewarnaan hingga pengolahannya. Kita juga ikut sertakan Nanang Galuh Banjarbaru untuk memperkenalkan budaya Kampung Purun sendiri,” terangnya.

Pemilihan tema dan penyajian yang menceritakan awal mula pembuatan purun hingga menjadi karya yang sangat indah akhirnya diganjar juara 1 kategori Festival Kampung Banjar se Kalsel.

Adapun, pemenang Kampung Banjar ialah, Juara 6 Kabupaten Hulu Sungai Selatan, Juara 5 Kabupaten Tabalong, Juara 4 Kabupaten Kotabaru, Juara 3 Kabupaten Balangan, Juara 2 Kabupaten Tanah Laut dan Juara 1 Kota Banjarbaru. (MBN/hip)

0 Comments: