Headlines
Loading...
Banjar Mural Festival 2021 Hadir di Banjarbaru dan Banjarmasin, Begini Rangkaian Acaranya

Banjar Mural Festival 2021 Hadir di Banjarbaru dan Banjarmasin, Begini Rangkaian Acaranya

Banjar Mural Festival 2021 akan digelar 12-17 Oktober 2021 di dua kota sekaligus, yakni di Banjarbaru dan Banjarmasin. Acara akan dibuka Walikota Banjarbaru HM Aditya Mufti Ariffin, dan penutupan oleh Walikota Banjarmasin Ibnu Sina.

beritabanjar.com - Acara yang diselenggarakan Komunitas Semangat Muda ini berkolaborasi dengan berbagai komunitas, pihak pemerintah dan swasta. Pelaksana kegiatan dalam jumpa pers menyebutkan, tujuan kegiatan ini adalah sebagai gerakan memartabatkan mural sebagai karya seni yang memiliki nilai estetis dan juga menandai kondisi zaman saat ini. 

"Mural sebagai karya seni dapat memberikan nilai positif dalam menyampaikan pesan, wacana atau kritik terhadap perkembangan sebuah kota. Khususnya dalam hal ini menangkap fenomena saat pandemi. Kita ingin bagaimana karya seni selain dinilai secara estetika, tetap memiliki kontribusi terhadap kekayaan lokal ," ujar Direktur Festival Novyandi Saputra dalam jumpa pers di Garis Kota Workspace & Resto, Banjarbaru, Sabtu (9-10-2021). 

Banjar Mural Festival 2021 direncanakan berlangsung di dua kota sekaligus, Banjarbaru dan Banjarmasin.  Pembukaan akan dilakukan Walikota Banjarbaru HM Aditya Mufti Ariffin, dan penutupan oleh Walikota Banjarmasin Ibnu Sina.

"Insya Allah jika tidak ada aral, pembukaan akan dilakukan walikota Banjarbaru dan penutupan oleh walikota Banjarmasin," ujar Novy. 

Terkait lokasi pelaksanaan, ada sepuluh titik yang akan dijadikan tempat para seniman mural berekspresi. Di Kota Banjarbaru lokasinya di Amanah Borneo Park, Mengoffee, Siang Malam, Coffee Cub dan Big Coffee. Sedangkan di Kota Banjarmasin, titik mural antara lain dinding Pelindo Jalan RE Martadinata, Summer, 101 Coffee, The Jumpa Square dan Oettara Koffiee. 

Para muralis yang terlibat ada 19 orang. Yakni, di Kota Banjarbaru adalah Tio Epenk, Hefni Priadi, Lintang Fauzi, Gamas, Andri Ramadhani, Jerry, Bagus, M Nurhadi, Nabila, dan Sinyo.  Sementara di Banjarmasin dilaksanakan oleh Jeffry Andika, Arnet, Andrian Yusianto, Innasya Tania, Fatur, Adi, Rizky Setiawan, Ramadhani, dan Dhea Qistina.

"Even ini merupakan embrio dan ke depannya semoga bisa lebih besar dan menasional dan pihak-pihak yang terlibat pun lebih banyak, Baik itu dari kalangan pelaku kreatif, pemerintah hingga swasta, pihak media, dan berbagai komunitas yang ada. Kita ingin kesenian dapat berkembang dan hidup di ruang-ruang kota,” pungkas Novy. (nis/hip)

0 Comments: